Wednesday, September 21, 2011

Kisah Kisruh SMA 6 dan Wartawan

Pertama-tama, tulisan di blog ini gue tulis karena berita di media gak berimbang. Posisi kita di media sekarang kayak "Dikepung dan dipojokkan". Dan tulisan ini berdasarkan apa yang gue liat dengan mata kepala gue sendiri di tkp.

Senin, 19 Mei 2011. 
Pukul 10:00, bel bunyi tanda istirahat. Gue ke kantin mau makan, abis ulangan geografi. Diperjalanan ke kantin, kita ngeliat ada wartawan di depan gerbang sekolah, katanya sih abis ketemu kepala sekolah ngomongin tentang perampasan kaset wartawan trans 7, Oktaviardi.

Pukul 11:30 kita pulang sekolah, mereka ada di gerbang ke-2. Posisi gerbang, kira-kira kayak gini:


Siswa tertahan didalem gerbang 2, karena wartawan ada didepan gerbang 2. Pas kita mulai keluar, salah satu siswa diambil wartawan. Anak-anak didalem teriak 'Woy temen gue tuh!!'. Suasana chaos, tapi reda karna guru (terutama Pak. Tateng) teriak 'Hush, udah udah!!' Pas suasana mulai tenang, anak-anak dibolehin pulang. 

"Pelemparan soto oleh oknum wartawan" 
Pas jalan pulang, gue denger suara 'Praaaaankkkk!!' dari arah depan sekolah. Gue ngeliat sendiri bihun-bihun yang berceceran di depan gerbang. Mangkok soto dilempar ke guru kami tercinta, Pak.Denny. Hampir bisa dipastiin 100% kalo mangkok soto itu dilempar oleh wartawan. Karena letak penjual soto itu di luar, sedangkan siswa SMA 6 gak bisa beli makanan di luar. Suasana chaos, anak-anak lari ke arah taman ngebantu temen-temennya yang kena pukul wartawan. Guru kami, Bu.Husni teriak-teriak 'Pak, itu anakku pak dipukul pak tolongin pak!' Guru-guru lain seperti Pak.Darmidi, Pak.Agus dll juga ikut melerai. Jadi, berita yang beredar kalo guru memprovokasi siswa, itu salah besar. 

"SMA 6 tidak menghargai tamu, yaitu wartawan"
Yak, kalimat itu tercetus dari dewan pers. Jadi, sebenernya pihak Oktaviardi udah ke kepala SMA 6 ngomongin tentang penganiayaan dan perampasan kaset yang menurutnya dilakuin siswa SMA 6, dan udah mencapai titik temu. Dan pasti pihak SMA 6 dan guru BP bakal nyelidikin. Tapi, puluhan oknum wartawan melakukan (yang katanya sih) "aksi damai" , atau bisa dibilang "Unjuk Rasa" yg tanpa seizin pihak kepolisian. Hmm, jadi kita udah menghargai tamu kok. Tapi, apa wajar kalo kita menghargai orang yang udah melecehkan guru kami dengan mangkok soto? Apa wajar kami menghargai orang yang udah nginjek gapura sekolah tempat kami mencari ilmu? Gue kira kalian bisa nyimpulin sendiri siapa yang memulai masalah ini.

"Ada metode pendidikan yang salah di SMA 6"
Pernyataan itu salah banget. Perlu dicamkan dan digaris bawahi, di SMA 6 kita selalu diajarin sopan santun, guru juga selalu aktif ngelarang kita tawuran. Setiap ada yang tawuran, siswa dipanggil ke ruang serbaguna buat dikasih penyuluhan. Dan sanksi-nya mulai dari dapet poin, di skors, sampe dikeluarin dari sekolah. Dari pihak kepolisian, juga sering ngasih penyuluhan narkoba, tentang tawuran, dan mereka juga beberapa kali ikut upacara di sekolah kami. 

"Berita di Media yang menyudutkan SMA 6"
Di berita, selalu cuma wartawan yang di expose luka-luka. Ada 4 wartawan yang luka, padahal ada sekitar 10 anak SMA 6 dan guru luka-luka. Tapi, apa pernah mereka nayangin siswa & guru yang luka-luka? Gak pernah, mereka cuma nyampein berita dari satu sisi. Padahal pas bentrok, wartawan ngelemparin kita pake helm milik siswa yang diparkir dijalanan. 

(Sumber : @narresh_)

Jadi intinya, berita yang bilang 'SMA 6 Serang Wartawan' itu salah banget. Dan kedua pihak punya kesalahan masing-masing. Wartawan salah, dan siswa juga salah karna terpancing emosi. Pertikaian ini terjadi karena ada pihak-pihak yang memprovokasi. Dan mungkin provokator-provokator tertawa diatas permasalahan ini. Akhir kata, apalah arti kata 'Permusuhan' jika ada 'Perdamaian'? Yuk damai! :)

Sekian dan Terima Nasib..

27 comments:

  1. hahahhaa 'Sekian dan Terima Nasib..'

    ReplyDelete
  2. semua maunya emang paling bener ... tapi loe harus sadar kenapa semua ini terjadi, menurut gue ada pesan sponsor dibalik ini semua ... kawasan bulungan adalah tempat yg strategis untuk mall, apartment, atau gedung perkantoran ... jadi siap siap aja di relokasi karena peristiwa ini ... udah ada yg ngincer lokasi sma 6, tinggal bayar orang untuk bikin rame ... trus lokasi ini dinilai udah gak nyaman lagi buat kegiatan belajar mengajar. hehehe ... diadu domba kayak Jaman VOC.

    ReplyDelete
  3. @rindang93 : Hehehehe :D

    @Anonymous : Iya, mungkin itu dia provokator dibalik ini semua :)

    ReplyDelete
  4. terus kumpulin bukti2 yang nunjukin kalo kalian ga sepenuhnya salah dan wartawan ga sepenuhnya bener ya, gw tau kalo 6 tingkat solidaritasnya tinggi :)

    ReplyDelete
  5. @Anonymous : Iya mas solidaritasnya tinggi, kepala sekolah kita lagi ngumpulin bukti buat dilapor ke polisi! :)

    ReplyDelete
  6. Sebagai org berpendidikan, tolong anda menjawab tudingan" dr wartawan n media dgn argumentasi rasional disertai bukti" konkret.. Saya yakin kalian juga sdh paham masalah n g gampang diprovokasi. Tetep semangat sma 6 !

    ReplyDelete
  7. Miris..
    Sekolah kalian lg di pandang jelek nih sm masyarakat,krna berita yg tidak berimbang itu.
    Sedikit saran,dibalik smua nilai negatif. Banyak nilai positif dr sklh kalian,PRESTASI.
    Pertahankan. Perlihatkan pd publik. *bs lwt youtube ato hastag twitter*
    Raih kembali nama baik kalian.
    Respect!

    ReplyDelete
  8. @Haryo Aditya : Trimakasih mas! :)

    @Puteri. Guru SD : Iya mbak, terimakasih. Selalu! :)

    ReplyDelete
  9. Betul! Manfaatkan social media! beri bukti2 yang berimbang. Buktikan bahwa kejadian ini memang hasil provokasi. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  10. bagaimanapun, kekerasan tidak bisa ditolerir. tapi ternyata di Indonesia, adu kekuatan dan fisik masih jadi cara untuk menyelesaikan masalah, sungguh barbar.

    ReplyDelete
  11. yang jelas jangan karena kejadian ini, konsentrasi kalian sebagai pelajar jadi pecah.. semangat !

    ReplyDelete
  12. SEPANJANG APAPUN PEMBELAAN ANDA, NAMA SMAN 6 JAKARTA UDAH TERKENAL SEANTERO NEGERI....TERKENAL APANYA? TAWURANNYA...
    KEMAREN KEPALA SEKOLAH SMA 6 NONGOL DI TV ONE...BIASANYA KEPALA SEKOLAH MUNCUL DI TV KARNA MURIDNYA BERPRESTASI, MENANG LOMBA DSB..LHA INI? TAWURAN...MALUUU...APALAGI SAMA ORANG TUA

    "ANAK IBU SEKOLAH DI MANA?"
    "SMA 6 BU..."
    "OH ITU YG SERING TAWURAN YA.."
    '......'
    BTW, SELAMAT BERGALAU RIA ANAK SMA 6..

    ReplyDelete
  13. @Anonymous : Ya, kita cuma diberitain tentang tawuran. Padahal setiap upacara pasti ada siswa berprestasi yang mendapat piala, Tapi apa pernah wartawan dateng ke sekolah kami saat pemberian piala? Gak pernah pak, waktu saya dan kawan-kawan saya menang lomba di Universitas Pembangunan Nasional aja gak pernah ada di berita tuh, kita juga masih banyak berbicara di Olimpiade Sains Nasional. Tapi berita yang diangkat cuma yg tawuran aja pak! :)

    ReplyDelete
  14. yups.. sma 6 memang sekarang jadi terkenal karena tawuran kemaren...
    tapi masih yg banyak kok sma lain yg emang dedengkotnya tawuran...kenapa gak terekspos??
    ya karena memang ada orang yang memiliki tujuan tertentu dengan buruk citra smu 6 sekarang..
    tapi gw yakin.. kebenaran pasti akan terungkap..

    dan gw bangga kok jadi anak 6...
    tetap semangat ya adik2 smua...

    ReplyDelete
  15. @Anonymous : Yap, ada udang dibalik batu! Selalu semangat, kak! :)

    ReplyDelete
  16. TETAP SAJA PEMICU UTAMA, temen2 loe yang ambil tuh kaset rekaman pas waktu tawuran. loe liat lagi video pas waktu keluar gerbang sekolah, siapa yg ngomong duluan ?, sebelum pelemparan mangkok !!

    ReplyDelete
  17. sekarang gue mau tanya ke loe, temen2 loe kenapa TAWURAN sama SMA bulungan ? BISA JAWAB ? gue tanya di kaskus salah satu teman loe, kaga ada jawaban sama sekali.

    ReplyDelete
  18. gue tanya ke loe, kalau misalkan kaset rekaman tersebut tidak diambil paksa sama temen2 loe, apakah akan ada demo wartawan di gerbang sekolah loe?, dan kenapa wartawan tidak demo di SMA BULUNGAN ? nah itu yang perlu loe SADARI !
    PAKAI LOGIKA dong, semua cerita loe sama dengan cerita wartawan yg ada do media cetak/tv. tidak ada perbedaannya.

    ReplyDelete
  19. wartawan mana tahu di sekolah loe, ada pembagian piala ? coba kalau wartawan diundang ke sekolah loe utk meliput pembagian piala, sejauh ini gue pernah baca siswa di sekolah yg ber-pretasi yg diliput di koran kompas. Sekali lagi gue tanya, teman2 loe kenapa pada tawuran ? apa PEMICU utama TAWURAN ? loe bisa jawab ?

    ReplyDelete
  20. gue tanya balik, lu tau ga banyak sekolah lain yg suka tawuran selain sma 6? tau ga lu kalo sebuah sma di jakarta selatam dan 1 lg di jakarta barat jg sering tawuran dan siswanya sampe meninggal? ngapain amat ngundang2 wartawan tiap hari senin? emgnya yg nntn beritanya ga bosen? gue yakin pak Oktaviardi tau SMA 6 berprestasi, dia pasti liat koleksi ribuan piala hasil jerih payah siswa siswi SMA 6 dr bidang akademik maupun non akademik. paskibra 6 tau ga? yg suka nyapu bersih kategori2 yg ada diperlombaan paskibra itu loh. tanya aja sm tmn2 lu yg paskibra terutama anak2 paskibra di jakarta selatan. SEMUA ekstrakulikuler di sma 6 sering ko nyumbangin piala, dr mulai juara umum, juara 1, juara 2, juara 3, sampe juara favorit jg ada pialanya. dan gue yakin ga semua SMA di jakarta memiliki segudang piala seperti 6. masalah tawuran sm 70 kan udh ada dr sblm lu lahir, jd untuk menghilangkan tradisi itu emg butuh waktu, Bu Kadarwati telah berupaya untuk meniadakan tawuran, slow but sure frekwensi tawuran jg mulai berkurang. lgpula yg dulunya tawuran jg ga jd sampah masyarakat ko. banyak yg dulunya tawuran jebolan 6 skrg udh sukses, salah satunya om gue jd pengacara di sebuah perusahaan yg gajinya perbulan bs beli motor ninja yg 150cc. banyak jg anak yg suka tawuran masuk universitas2 negri macem UI, ITB, dll. tmn gue yg suka tawuran jg dpt beasiswa ke jerman. ga semua org bs kan kayak gt? skrg gue tanya, bs ga lu kayak gt? jgn liat dr sisi buruknya SMA 6 aja bos :)

    ReplyDelete
  21. @Anonymous Kontra : Thanks komennya. But, kalo gak tau masalahnya jangan komen lah! Meski tawuran, SMA 6 juga banyak melahirkan tokoh2 di Indonesia kok. Seperti Adnan Buyung Nasution, Wanda Hamidah dll. Jangan liat dari sisi negatif terus! ;)

    @Anonymous Pro : Thanks. Saya setuju banget! :)

    ReplyDelete
  22. hai . nice info .. jadi semuanya gak hanya melihat dari satu sisi aja .. kalo nanti kamu udah naik ke tingkatan yang lebih tinggi lagi akan ada ungkapan seperti ini : BAD NEWS IS A GOOD NEWS .. dan ini ini mungkin sedang dijadikan pemberitaan yang menarik bagi mereka2 yang berkepentingan ..
    izin repost :)

    ReplyDelete
  23. nyokap&bokap gue alumni SMA 6, emg dr jaman dulu udah sering ribut2 sm 70. tp gue tau kok banyak artis2 yg sukses, temen2 seangkatan nyokap gue yg sukses dan mereka JEBOLAN SMA 6. gue sebagai salah satu murid sekolag islam di jkt selatan prihatin bgt sm kasus ini. tp sahabat gue dr SD dan tmn2 smp gue yg skrg di 6 ada. wajar lah mrk marah tempat mereka blejar, ngejar cita2, diinjek gt aja. gue jg pasti akan marah klo kyk gitu. tp ya semua udah berlalu saatnya mencari keadlian dan kebenaran. sesama pelajar pasti saling dukung dan gue ngerti gmn diposisi murid-murid SMA 6 skrg. sukses terus SMA 6. salam sesama pelajar!! :-)

    ReplyDelete
  24. saya alumni SMA 6 :) (anonymous pro). Bagus deh masalah sm wartawan udh selesai. tp tetep aja ya mereka ga ngasih tau penyebab bentrok.

    ReplyDelete
  25. you know lah.... media bisa menjadi teman tapi bisa juga menjadi musuh besar... they can give you a knife wrapped with a rose~ :)

    ReplyDelete
  26. trus nasib nya si gilang perdana gimana ya?

    maaf ya mas, memang dari awal yg namanya tawuran itu udah salah, di tambah lagi ngerebut kaset orang yg lagi ngeliput tawuran, apalagi yg ngeliput wartawan.

    saya cuma kasian aja sama si gilang perdana. terang2an menggali kuburnya sendiri.

    ReplyDelete
  27. betul. dua2nya salah. jangan lupakan salah siswa sma 6 yg menjadi pemicu munculnya masalah ini: merampas kaset dari wartawan dimana kaset itu berisi gambar tawuran

    ReplyDelete