Friday, January 14, 2011

Rokok, Kematian, dan Lingkungan...

      Rokok, kata yang gak asing di kehidupan kita, yang menjadi "Kebutuhan Pokok" bagi sebagian banyak orang..


Source : Google.com

Walaupun di bungkus rokok tertulis "Rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin", orang-orang masih ketergantungan pada "Pembunuh Kecil" ini.. 

Sangat ironis memang, berikut fakta rokok di Indonesia...

Sebanyak 57 juta penduduk Indonesia Merokok.
Persentase penduduk yang merokok pada tahun 2004 adalah 34%, meningkat 7% dari tahun 1995 yang hanya sebesar 27%. Penduduk laki-laki perokok sebanyak 63%, sedangkan wanita yang perokok 4,5%. Dengan mayoritas perokok mengkonsumsi rokok kretek (88%)
 Lebih dari 97 juta penduduk Indonesia yang tidak merokok terpapar asap rokok secara terus-menerus.
Di Asia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak jumlah perokok yang mencapai 146.860.000 jiwa.
Hampir 80 persen perokok mulai merokok sebelum umur 19 tahun.
- Setiap tahun 200.000 orang meninggal akibat merokok di Indonesia, atau sebanyak 1.172 orang di Indonesia meninggal setiap hari akibat tembakau terbungkus kertas itu.
- 12,9 persen budget keluarga miskin untuk rokok.
-  Dan yang paling mengejutkan, Perokok di Indonesia 70 % diantaranya berasal dari kalangan Keluarga Miskin!!

Source : Google.com

    Yak, walaupun Perda DKI Jakarta No 2 Tahun 2005, Pasal 13 ayat 1 berisi: "Tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja dan tempat yang secara spesifik sebagai tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan dilarang merokok. Pelanggarnya diancam dengan sanksi pidana berupa denda maksimum Rp 50 juta, atau 6 bulan kurungan", tapi kenyataannya pemerintah nggak tegas dengan Perda ini, dan orang-orang juga mengabaikan perda ini. Sangat Ironis..

      Salah satu korban ganasnya rokok, Almh.Noor Atika Hasanah.. yang wafat pada hari Kamis, 30 Desember 2010 lalu wafat akibat penyakit Bronchopneumonia Duplex atau biasa disebut Flek Paru, akibat penyakit tersebut, gadis yang biasa disapa Tika ini mengaku berat badannya turun hingga 35 kg dari berat badan normalnya yaitu 42 kg. Penyakit ini telah membuatnya sering mengalami sesak napas, batuk keras dan pilek. Disebutkan dalam salah satu tweet akun twitternya @tikuyuz :  “Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauh mungkin dari anaknya supaya jauh dari kemungkinan kena flek paru” karena seperti isi berita yang beredar bahwa orang tua Tika merupakan perokok aktif sehingga secara tidak langsung Tika menghirup asap rokok atau bisa disebut Tika adalah Perokok Pasif. Secara keseluruhan rokok adalah campuran senyawa kompleks yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau dan adiktif. Asap rokok juga mengandung tar yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia termasuk sekitar 60 bahan kimia karsinogenik (Penyebab Kanker) yang sangat berbahaya!


Selain mengganggu kesehatan, rokok juga bisa merusak lingkungan
Merokok Menyebabkan Pencemaran Tanah dan Air, Setiap hari jutaan puntung rokok ditinggalkan di tanah. Ada juga puntung rokok yang akhirnya berakhir di danau dan sungai. Ikan dan hewan air lainnya memakan puntung rokok ini karena dikira makanannya, mengakibatkan kematian di air. Sisa puntung rokok di tanah akan memakan waktu sekitar 25-26 tahun untuk membusuk. Berbagai bahan tambahan dan bahan kimia yang meresap ke dalam tanah, mencemari tanah serta tanaman. Selama musim kering puntung rokok bahkan dapat menyebabkan kebakaran besar, yang tentunya sangat berbahaya bagi lingkungan!

Yak, dari ulasan diatas, kesimpulannya Rokok hanya membuat masalah, mulai dari mengganggu kesehatan, membuang uang, mematikan dan bahkan bisa merusak lingkungan! 

Mari berhenti merokok.. Mari hargai orang disekitar anda.. dan Cintailah lingkungan anda!

Source : Google.com

Matikan Rokok anda Sebelum Rokok Mematikan anda!

2 comments:

  1. memang rokok bisa menjadi biang dari berbagai masalah.. karena itu saya setuju kalo rokok diharamkan..

    ReplyDelete
  2. Iya, saya juga sangat setuju rokok diharamkan! :)

    ReplyDelete